Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Mojokerto Hadiri Peluncuran Rumah Data Bawaslu Jatim untuk Penguatan Pengawasan Pemilihan 2024

#

Surabaya, Jawa Timur – Dalam rangka memperkuat pengawasan pemilihan serentak 2024, Bawaslu Provinsi Jawa Timur resmi meluncurkan Rumah Data pada Rabu, 14 Agustus 2024, di Surabaya. Acara tersebut dihadiri oleh 4.477 peserta, termasuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur, 176 Bawaslu Kabupaten/Kota, 1.998 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), 1.998 kesekretariatan Panwascam, serta wartawan dan pemantau pemilu di seluruh Jawa Timur.

Bawaslu Kabupaten Mojokerto turut serta dalam acara peluncuran yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengawasan pemilu. Delegasi dari Bawaslu Kabupaten Mojokerto, yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Dody Faisal, hadir bersama dengan anggota Panwascam dan kesekretariatan Panwascam dari seluruh kecamatan di Kabupaten Mojokerto.

Rumah Data Bawaslu Provinsi Jawa Timur merupakan inovasi penting dalam sistem pengawasan pemilu. Sebelumnya, Rumah Data digunakan untuk menyimpan Form A dan beberapa data dasar lainnya. Pada Pemilu 2024, sistem ini telah diperluas untuk menyimpan hasil pengawasan dari hari pemungutan dan penghitungan suara, termasuk C-Hasil, kejadian khusus, daftar hadir, serta foto KTP elektronik DPK yang ada di TPS. Dengan pengembangan ini, Rumah Data kini mampu mengumpulkan ratusan ribu hasil pengawasan.

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur, A warits, dalam sambutannya mengatakan Rumah Data yang baru dikembangkan akan menyimpan berbagai jenis data.

"Ya, Rumah Data ini untuk menyimpan data penting seperti Form A, imbauan, saran perbaikan, laporan, temuan, rekomendasi, dan sengketa. Sistem ini juga akan terkoneksi dengan website Bawaslu se-Jawa Timur, memungkinkan publik untuk mengakses informasi mengenai kerja dan hasil pengawasan dari seluruh pengawas pemilu." ungkapnya, Selasa (14/8/2024). 

Dody Fiazal, Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto, menyambut baik peluncuran Rumah Data ini.

"Kehadiran Rumah Data ini sangat signifikan untuk mempermudah kami dalam mengelola dan menyimpan data pengawasan secara sistematis. Ini merupakan langkah maju yang akan memperkuat integritas dan transparansi pemilu di Kabupaten Mojokerto," ujar Dody. 

Dengan adanya Rumah Data, diharapkan proses pengawasan pemilu menjadi lebih terbuka dan akuntabel. Publik dapat memantau perkembangan pengawasan secara langsung melalui website Bawaslu, yang akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas Pemilihan Serentak 2024.

penulis : dm

editor: vap