Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU KABUPATEN MOJOKERTO LANTIK 54 ANGGOTA PANWASCAM UNTUK PILKADA SERENTAK 2024

#

Mojokerto, Jawa Timur – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Mojokerto, Dody Faizal, secara resmi melantik 54 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada Serentak Tahun 2024. Acara pelantikan tersebut dilaksanakan di Hotel Vanda Gardenia, Trawas, Kabupaten Mojokerto, Sabtu 25 Mei 2024

Dalam sambutannya, Dody Faizal menjelaskan bahwa Panwascam yang baru dilantik ini terdiri dari 30 persen wajah baru, sementara 70 persen lainnya merupakan personil yang sudah bertugas pada Pemilu 2024 lalu. Para personil Panwascam ini akan bertugas di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Mojokerto, dengan masing-masing kecamatan diisi oleh tiga orang anggota Panwascam.

“Hari ini anggota Panwascam Kabupaten Mojokerto melakukan pengambilan sumpah janji. Total dari 54 orang terdiri dari 6 perempuan dan 48 laki-laki,” ujar Dody Faizal.

Ia menambahkan bahwa anggota Panwascam telah melalui tahapan seleksi yang ketat sesuai ketentuan, mulai dari seleksi administrasi, tes berbasis komputer, tes wawancara, hingga pleno komisioner Bawaslu.

“Tahapan dan prosesnya sudah dilalui sesuai dengan ketentuan. Dengan berpedoman pada aturan yang ada, pihaknya berharap anggota Panwascam menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan, serta senantiasa menjaga profesionalisme dan integritas,” terangnya.

Dody Faizal juga mengharapkan agar Panwascam dapat bekerja lebih baik dari sisi profesionalitas dan netralitas. Masa tugas Panwascam ditetapkan hanya selama Pilkada 2024, yaitu sejak pelantikan hingga satu bulan pasca seluruh tahapan Pilkada selesai. Secara efektif, masa kerja Panwascam sekitar delapan bulan.

Dengan pelantikan ini, diharapkan pengawasan terhadap seluruh tahapan Pilkada 2024, baik Pilkada Kabupaten Mojokerto maupun Pilkada Jawa Timur, dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan masyarakat.

penulis : vap