Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU RI RAYAKAN LIMA BELAS TAHUN PENGAWASAN PEMILU

MOJOKERTO - Momen peringatan hari ulang tahun ke 15 Bawaslu jatuh pada hari Minggu (9-4-2023). Peringatan dilakukan secara sederhana di Kantor Bawaslu RI Jalan Thamrin Jakarta, dengan mengundang beberapa mantan anggota Bawaslu RI periode lalu. Tampak Fritz Edward Siregar, Wahidah Syuaib dan Ratna Dewi Pettalolo hadir di tengah-tengah Komisioner Bawaslu RI saat ini. Bahkan Afifuddin yang juga merupakan mantan anggota Bawaslu ikut hadir sekaligus mewakili KPU RI.

Adapun Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten Kota Se Indonesia mengikuti kegiatan tersebut secara daring baik melalui aplikasi Zoom Meeting maupun menyaksikan melalui kanal YouTube Bawaslu RI. Saking antusiasnya jajaran pengawas dalam mengikuti kegiatan dimaksud, beberapa Bawaslu di daerah tidak bisa masuk melalui aplikasi zoom karena peserta sudah overload. Seperti Bawaslu Kabupaten Mojokerto yang terpaksa nobar melalui Youtube secara bersama-sama di Aula kantor Bawaslu Kabupaten Mojokerto.

Ketua Bawaslu RI Rahmad Bagja dalam sambutannya menyatakan ulang tahun yang ke 15 menjadi momentum refleksi untuk meningkatkan kinerja. Apalagi saat ini tahapan pemilu 2024 sedang berjalan.

"Ke depan, berbagai tahapan penyelenggaraan akan dilalui secara bersama-sama. Pengawasan pemilu harus dilakukan secara baik dan profesional. Tahapan-tahapan pemilu sangat penting, seperti tahapan pencalonan, tahapan kampanye, dan lain-lain", Ujar Bagja.

Bagja menekankan, usia 15 adalah masa menuju usia Dewasa. Untuk mencapai usia 15 tahun bukan perkara mudah. Banyak halnyag telah dilakukan sejak lahirnya Bawaslu pada 9 April 2008, bersyukur Bawaslu RI hingga kini masih tetap eksis dalam melakukan pengawasan Pemilu. Ditambah dengan keberadaan Bawaslu sudah berbentuk permanen hingga tingkat kabupaten kota, Bawasku bertekad akan melakukan pengawasan secara maksimal.

Selain Bagja, para tokoh yang hadir juga memberikan pesan dan kesan atas keberadaan Bawaslu yang kini sudah berusia hingga tahun ke 15. Pesan dannkesan yang disampaikan sesuai dengan perspektif dan pengalaman masing-masing menjadikan momen perayaan hari ulang tahun Bawaslu RI semakin bermakna. (AFD)

Tag
Berita