Lompat ke isi utama

Berita

"Kalau Dipanggil Bawaslu, Grogi Lho" Ujar Jokowi Saat Membuka Konsolnas Bawaslu

MOJOKERTO - selama tiga hari (17 - 19 Desember 2022) Bawaslu Kabupaten Mojokerto mengikuti Konsolidasi Nasional yang diadakan oleh Bawaslu RI di Hotel Bidakara Jakarta. Konsolnas yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dihadiri Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Jota se Indonesia. Dalam sambutannya Jokowi menegaskan empat hal yang harus dipegang oleh Bawaslu dalam mengawasi Pemilu 2024.

"Pertama petakan masalah dan siapkan langkah mitigasi, kedua Fokus pada upaya pencegahan, ketiga kekerja cepat, responsif, dalam koridor hukum, pegang teguh integritas, serta keempat libatkan partisipasi masyarakat seluas-luasnya", tegas Jokowi.

Menurut Jokowi, partisipasi masyarakat penting khususnya dalam upaya meminimalisir pelanggaran money politics. Karenanya, Bawaslu harus sering-sering melakukan pendidikan politik bagi masyarakat dan memaksimalkan pengawasan partisipatif. Dalam kesempatan itu Jokowi juga meminta agar Bawaslu tegas dan tidak ragu-ragu dalam menindak pelanggaran yang terjadi.

"Bawaslu ini kuat lho dan disegani, cuma bapak ibu ini tidak merasakan. Karena saya pernah diPanggil Bawaslu Jakarta, grogi. Bapak Ibu ini disegani lho, Peserta Pemilu siapapunlah, Capres Cawapres, Caleg, Cagub Cawagub, kalau bapak ibu panggil, percayalah pada saya, grogi", kata Jokowi disambut tepuk tangan audiens.

Jokowi juga berpesan agar ketika ada persoalan agar segera diselesaikan, sekecil apapun, jangan sampai menunggu masalah menjadi besar. Regulasi yang dibuat baik oleh Bawaslu maupun KPU agar rinci dan tidak multitafsir. Sehingga pelaksanaan Pemilu benar-benar berjalan secara berintegritas. (AFD)

Tag
Berita