Lompat ke isi utama

Berita

LOLOS ADMINISTRASI, CALON ANGGOTA PANWASCAM LAKSANAKAN TES CAT

#

Anggota Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Aris Fahrudin Asy'at saat mengawasi jalannya tes CAT bagi calon anggota panwascam, Selasa (14/5/2024)

Mojokerto, Jawa Timur - Bawaslu Kabupaten Mojokerto menggelar tes Computer Assisted Test (CAT) untuk calon anggota panwaslu kecamatan (Panwascam) yang bertugas pada Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) tahun 2024.

Anggota Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Aris Fahrudin Asy’at mengatakan sebanyak 107 pendaftar baru calon anggota Panwascam dari ini mengikuti tes CAT di SMK PGRI Sooko, Kabupaten Mojokerto.

"Bawaslu Kabupaten Mojokerto terus melaksanakan tahapan seleksi badan Ad Hoc pilkada untuk tingkat kecamatan atau panwascam," ujarnya, Selasa (14/5/2024).

Sebanyak 120 orang calon anggota panwascam yang telah lulus seleksi administrasi berhak mengikuti CAT. Akan tetapi, hanya ada 107 calon anggota panwascam yang datang dan mengikuti CAT.

"Yang ikut tes dari 120 orang itu hanya 107 orang karena yang 13 (tiga belas) orang itu tidak datang," katanya.

#

Dia menjelaskan pelaksanaan CAT tersebut terdiri dari 100 soal pilihan ganda dan 10 soal essai. Adapun soal-soal dalam CAT itu berkaitan dengan kewenangan, tugas, mekanisme pengawasan, dan UU Nomor 10 tahun 2016 tentang pilkada.

"Tugas-tugas di lapangan dan mekanisme pengawasan pada tingkatan kecamatan karena ini menghadapi pilkada maka lebih banyak mengarah pada UU Nomor 10 tahun 2016," ungkapnya.

Setelah CAT, akan dilakukan perekapan nilai dan hasilnya akan diumumkan pada 17 Mei 2024. Selanjutnya, kapasitas dan kapabilitas calon anggota panwascam akan dilihat saat tes wawancara dan Bawaslu Mojokerto menginginkan anggota panwascam yang memiliki integritas tinggi dan memiliki pengalaman.

"Kalau itu nanti dalam sumpahnya ketika dilantik penyelenggara Ad Hoc harus menjunjung tinggi netralitas dan kemandirian," tegasnya.

Pada perekrutan panwascam pilkada menggunakan dua metode yaitu existing atau evaluasi untuk panwascam yang pernah bekerja pada, Pemilu 2024 dan pembukaan pendaftar baru.

penulis : vap