Lompat ke isi utama

Berita

PERSIAPAN VERMIN, BAWASLU AJAK KPU KOORDINASI

MOJOKERTO - Senin (1/8/2022) Bawaslu Kabupaten Mojokerto mengundang KPU Kabupaten Mojokerto dalam rapat koordinasi persiapan pengawasan verifikasi administrasi keanggotaan Partai Politik calon peserta Pemilu tahun 2022. Rapat yang bertempat di aula kantor Bawaslu Kabupaten Mojokerto dihadiri oleh Muslim Bukhori Ketua KPU dan Ahmad Arif Koordiv. Teknis KPU Kabupaten Mojokerto.

Dalam rapat dibahas terkait titik rawan verifikasi keanggotaan Parpol sekaligus persiapan pengawasan oleh Bawaslu Kabupaten Mojokerto. Bawaslu merencanakan pengawasan melekat terhadap verifikator yang ditunjuk oleh KPU dalam melakukan verifikasi administrasi menggunakan Sipol. Namun saat ditanyakan terkait mekanisme dan jumlah personil yang ditunjuk, KPU Kabupaten Mojokerto belum bisa menguraikan.

"KPU masih menunggu petunjuk dari KPU RI terkait proses vermin, kabarnya belum ada kejelasan kapan dimulai karena hari ini baru masuk waktu pendaftaran Parpol di KPU RI", kata Afidatusholikha Koordiv. PHL Bawaslu Kabupaten Mojokerto.

Bawaslu berharap agar ada sinergitas antara KPU dan Bawaslu di Kabupaten Mojokerto agar proses tahapan bisa berjalan sesuai peraturan perundang-undangan. Rapat Koordinasi yang diinisiasi oleh Bawaslu ditujukan dalam rangka pencegahan terjadinya pelanggaran.

"Ada banyak hal yang bisa dilakukan Bawaslu dalam rangka pencegahan pelanggaran, selain melakukan himbauan, koordinasi semacam ini juga bertujuan meminimalisir adanya pelanggaran. Maka kami berharap kedepan KPU bisa berkomunikasi secar efektif dengan Bawaaslu", papar Afidah. (AFD)

Tag
Berita