Lompat ke isi utama

Berita

Kasat Reskrim Mojokerto Kunjungi Bawaslu, Ada Apa?

MOJOKERTO |Kasat Reskrim Polres Mojokerto, AKP Dewa Putu Prima bertandang ke Kantor Bawaslu Kabupaten Mojokerto (Selasa, 18/2/2020). Kunjungan tersebut merupakan balasan atas kunjungan komisioner Bawaslu Mojokerto ke Polres yang kebetulan beliau masih diluar kota.

Memang, sepekan ini agenda Bawaslu Mojokerto selain melakukan pengawasan rekrutmen PPK dan PPS, juga intens melakukan anjangsana ke beberapa stake holder. Mulai dari silaturahmi ke Kapolres, Kapolres Kota, Kejaksaan Tinggi hingga mitra kerja lainnya.

Menurut Ketua Bawaslu Mojokerto, kunjungan tersebut ialah sebagai bentuk upaya kelembagaan membangun sinergi lintas lembaga dalam rangka menyambut pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mojokerto tahun 2020. Sebagai hajatan lima tahunan, Bawaslu Mojokerto bukan lembaga tunggal yang memainkan peran, melainkan lembaga lain juga memiliki kontribusi dalam mensukseskan pemilihan kali ini. "Ini adalah langkah awal, melalui komunikasi antar lembaga menjadi modal untuk menghadapi tahapan Pilkada 2020 saat ini" Ujarnya.

Senada dengan ketua Bawaslu Mojokerto, Kasat Reskrim menyampaikan hal yang sama, kepolisian yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) memiliki tanggung jawab bersama dalam ikut ambil bagian dalam perhelatan lima tahunan ini. Menurutnya, Kabupaten Mojokerto saat menghadapi momentum pemilihan memiliki tensi politik yang tak bisa dianggap sepele.

Apabila merujuk pada dua Pilkada terakhir, Bumi Mojopahit masuk dalam situasi rawan. Bahkan, Pilkada 2010 diwarnai dengan aksi pembakaran Pendopo dan aset lainnya. "Melihat trend di Kabupaten Mojokerto, memang perlu perhatian khusus" Tegas pria asli Pulau Dewata ini.

Sebagai aparat penegak hukum, menurut pria yang selalu tampil nyentrik ini, jajarannya akan memastikan situasi Mojokerto tetap kondusif. Meski demikian, penegakan aturan tetap menjadi ujung tombak. Pungkasnya, saling sinergi demikian tentu menjadi modal kuat dalam menghadapi tahapan Pilkada Mojokerto 2020. "Ini adalah awal yang bagus, dan perlu ditradisikan" Tambahnya. (AFA)
Tag
Berita