Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Mojokerto Gelar Peningkatan Kapasitas Panwaslu Kecamatan Menjelang Pemilihan Serentak 2024

#

Mojokerto, Jawa Timur – Dalam rangka meningkatkan kesiapan dan kapabilitas pengawas pemilu di tingkat kecamatan, Bawaslu Kabupaten Mojokerto mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengawas Kecamatan dalam Penanganan Pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, mulai dari Jumat hingga Sabtu, 26-27 Juli 2024, di Arayanna Hotel & Resort, Jalan Udayana No.11, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan se-Mojokerto serta serta Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa.

Dalam sambutannya, Dody Faizal, Ketua Bawaslu Mojokerto, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membedah secara mendalam Perbawaslu 8 tahun 2020 tentang Penanganan Pelanggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Kegiatan ini sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh pengawas pemilu memiliki pemahaman yang mendalam mengenai aturan dan tata cara penanganan pelanggaran pemilu. Dengan begitu, kita bisa menjaga proses pemilu berjalan dengan jujur dan adil," ujar Dody Faizal dalam sambutannya.

#

Selain itu, analisis pemetaan potensi pelanggaran dan strategi teknis penanganan pelanggaran juga menjadi salah satu materi utama dalam peningkatan kapasitas bagi para peserta. Pada hari terakhir kegiatan, peserta merefleksikan seluruh materi yang diterima, termasuk teknis penanganan pelanggaran.

"Peningkatan kapasitas ini merupakan bekal yang sangat penting bagi jajaran di tingkat kecamatan, dan juga sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi Pemilihan Serentak Tahun 2024," tambah Dody.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para pengawas pemilu di Kabupaten Mojokerto dapat lebih siap dan sigap dalam menangani berbagai potensi pelanggaran yang mungkin terjadi selama proses pemilihan berlangsung, sehingga dapat menjaga integritas dan kredibilitas Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

penulis : vap