Lompat ke isi utama

Berita

PERSIAPAN PENGAWASAN MUTARLIH, BAWASLU PETAKAN LOKASI KHUSUS

MOJOKERTO - Jelang tahapan Mutarlih Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Mojokerto petakan lokasi khusus yang berpotensi akan dilakukan pemutakhiran pemilih dan pendirian TPS khusus di tempat tersebut. Proses pemetaan dilakukan melalui koordinasi dengan dinas terkait maupun pelibatan Panwascam.

Afidatusholikha Koordiv. Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten Mojokerto mengatakan bahwa pemetaan dimaksud menyasar tempat-tempat yang melokalisir pemilih dalam jumlah cukup besar dan kemungkinan pada Pemilu 2024 nanti tidak bisa memilih di TPS asal.

"Contohnya Pesantren, kan banyak Pesantren besar di Mojokerto ini, atau Panti Jompo di Sooko, Rumah Sakit ataupun daerah Industri seperti di Ngoro", tutur Afidah.

Pada tempat-tempat tersebut menilik pasal 179 PKPU 7 tahun 2022 membuka kemungkinan untuk dilakukan pemutakhiran khusus yang kedepannya akan didirikan TPS khusus untuk mengakomodir pemilih yang ada di dalamnya. Hal itu yang mendasari Bawaslu RI menurunkan intruksi nomor 4 tahun 2022 agar Bawaslu Kabupaten/Kota segera melakukan identifikasi.

"Untuk mendapat data yang dibutuhkan, kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinsos, Kemenag, Dinkes dan Disnaker. Selain itu kemarin (Rabu, 30/11) kami juga sudah rakor dengan Panwascam, tujuannya untuk melakukan pemetaan di wilayah kecamatan masing-masing", kata Afidah. (AFD)

Tag
Berita